PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ATAU KONSELING (KIP/K) OLEH BIDAN PADA ASUHAN ANTENATAL CARE

Mail Listia Dwi Febriati(1*)
Mail Almira Gitta Novika(2)


(1) , Indonesia
(2) Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Konseling merupakan proses pemberian informasi kepada klien secara objektif dan lengkap. Pemberian layanan konseling perlu mempunyai panduan keterampilan konseling, teknik bimbingan dan penguasaan pengetahuan klinik (Saifuddin, 2010).Pelayanan kesehatan ibu hamil diwujudkan melalui pemberian pelayanan antenatal sekurang-kurangnya empat kali selama masa kehamilan, Standar waktu pelayanan tersebut dianjurkan untuk menjamin perlindungan terhadap ibu hamil atau berupa deteksi dini faktor risiko, pencegahan, dan penanganan dini komplikasi kehamilan (Kemenkes, 2014).
Tujuan: untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi interpersonal atau konseling (KIP/K) oleh Bidan pada Asuhan Antenatal Care di PMB Mei Muhartati.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles and Huberman yang terdiri dari 4 langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan analisis data berupa penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil: Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal atau Konseling oleh bidan pada pasien ANC yaitu sesuai dengan standar pelayanan kebidanan.
Kesimpulan: Pasien mendapatkan asuhan antenatal care sesuai dengan standar pelayanan kebidanan, temu wicara/ konseling yang diberikan mampu memberikan informasi dan pemahaman kepada pasien, meliputi keluhan makan, ketidaknyamanan, tanda bahaya, persiapan menyusui, persiapan persalinan.

References


Abdul Bari Saifuddin. 2010. Ilmu Kebidanan, Edisi 4. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Adi, Djoko.,& Wiryokusumo, Iskandar. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Universiti Press

Aminah, AN.2017. Kemenkes Sebut Angka Kematian Bayi dan Ibu Melahirkan Turun. http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/08/17/ouu4ox384-kemenkes-sebut-angka-kematian-bayi-dan-ibu-melahirkan-turun. Diakses tanggal 21 Februari 2018.

Casnuri, Fauziah A, Febriati L D. 2020. KOmunikasi KOnseling Bagi Mahasiswa Dan Tenaga Kesehatan. Yogyakarta: Respati Press.

Estiwidani.2010. Pelayanan Keluarga Berencana. Fitramaya. Yogyakarta.

Handajani, Sih Rini. 2016. Modul Bahan Ajar Cetak Kebidanan Komunikasi Dalam Praktik Kebidanan.Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Hartono dan Boy. 2012.Psikologi Konseling Edisi Revisi.Jakarta:Kencana.

Heru, Retno., Hasanbasri, Mubasysyir., Hakimi, Mohammad. 2012. Konseling Ibu Hamil Pada Bidan Praktik Swata dan Puskesmas Di Kabupaten Bantul.Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. Volume 01 No.03 September 2012.

Husin, Farid. 2013. Asuhan Kebidanan Berbasis Bukti. Sagung Seto. Jakarta.

INFODATIN. 2014. Mother’s Day. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-ibu.pdf. Diakses tanggal 21 Februari 2018.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Kemenkes RI; 2015

Lia, Dewi, Nanny Vivian dan Tri Sunarsih. 2011. Asuhan Kehamilan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Vionita .2014.Faktor-Faktor yang berhubungan dengan frekuensi kunjungan ANC di Puskesmas Mergangsan DIY. Jurnal Medika Respati. Vol. 12 Nomor 1 Januari 2017. ISSN: 1907-3887




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v12i1.433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.