GAMBARAN MOTIVASI PRIA PASANGAN USIA SUBUR TENTANG PENGGUNAAN KONTRASEPSI MEDIS OPERATIF PRIA DI DUKUH WONOREJO JEMBANGAN PLUPUH SRAGEN TAHUN 2010

Mail Dwi Lestari(1*)
Mail Ambaria Nur(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Peran serta laki-laki dalam mengikuti program keluarga berencana sebenarnya sangat diperlukan. Selama ini peran serta pada umumnya dalam pembentukan keluarga berencana sebagian besar hanya diikuti oleh wanita, pada dasarnya peran serta laki-laki dalam mengikuti program keluarga berencana masih terbilang sedikit karena kurangnya pengetahuan tentang macam-macam kontrasepsi pada laki-laki sehingga sangat mempengaruhi tentang motivasi pria pasangan usia subur tentang penggunaan kontrasepsi MOP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang gambaran motivasi pria pasangan usia subur yang meliputi persepsi, harapan, instrumentality tentang penggunaan kontrasepsi MOP di Dukuh Wonorejo Jembangan Plupuh Sragen Tahun 2010.
Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pria pasangan usia subur di Dukuh Wonorejo Jembangan Plupuh Sragen Tahun 2010 yaitu sebanyak 58 responden. Penelitian ini tidak menggunakan teknik pengambilan sampel tetapi menggunakan subyek penelitian yaitu sebanyak 58 responen di Dukuh Wonorejo Jembangan Plupuh Sragen Tahun 2010. Alat pengumpulan data adalah kuesioner dan menggunakan metode pengumpulan data primer. Analisa data menggunakan univariat yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi pria pasangan usia subur tentang penggunaan kontrasepsi MOP sebagian besar responden dalam kategori cukup 26 responden (45%) dan responden memiliki kategori baik adalah sebanyak 18 responden (31%) dan yang memiliki kategori kurang sebanyak 14 responden (24%). Berdasarkan karakteristik mayoritas berusia 36-40 tahun sebanyak 12 responden (21%), berdasarkan pendidikan sebanyak 12 responden (21%) dengan pendidikan akhir SMP, berdasarkan pekerjaan 13 responden (22%) dengan pekerjaan buruh.
Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi pria pasangan usia subur tentang penggunaan kontrasepsi MOP dalam kategori cukup.
Kata kunci: Motivasi, Pria Pasangan Usia Subur, MOP



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v2i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan Indonesia