HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP MENGENAI PERILAKU SEKSUAL REMAJA DI SMK KESEHATAN DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN 2016

Mail Ajeng Novita Sari(1*)


(1) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Hubungan pengetahuan dengan sikap mengenai perilaku seksual remaja di SMK Kesehatan Donohudan Boyolali. Masa remaja adalah suatu tahap dengan perubahan yang cepat dan penuh tantangan yang sulit. Berbagai tantangan ini kadang-kadang sulit diatasi sebab secara fisik walaupun sudah dewasa namun secara psikologis belum tentu. Kurangnya pemahaman tentang perilaku seksual pada masa remaja amat merugikan bagi remaja sendiri termasuk keluarganya , sebab pada masa ini remaja mengalami perkembangan yang penting yaitu kognitif, emosi ,sosial dan seksual.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap mengenai perilaku seksual remaja di SMK Kesehatan Donohudan Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek dalam penelitian ini yaitu 51 siswa SMK Kelas XI di SMK Kesehatan Donohudan Boyolali. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Analisa data menggunakan analisa univariat berupa distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan uji statistic Korelasi Kendall’s Tau.
Hasil penelitian pengetahuan remaja tentang perilaku seksual remaja mayoritas dalam kategori cukup 33 responden (64,7%). Sikap remaja tentang perilaku seksual remaja mayoritas dalam kategori cukup 33 responden (64,7%). Hasil analisis hubungan antara pengetahuan dan sikap pada table Z ditemukan nilai Z = 1,96 dengan angka signifikasi 0,027. Karena Z hitung(5,500) > Ztabel (1,96) maka H0 ditolak dan Ha diterima jadi ada hubungan yang rendah antara pengetahuan dengan sikap remaja mengenai perilaku seksual remaja. Simpulannya ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap mengenai perilaku seksual remaja di SMK Kesehatan Donohudan Boyolali Tahun 2016.
Kata Kunci : Pengetahuan, sikap, perilaku seksual remaja



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v7i2.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan Indonesia