HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PENGETAHUAN AKSEPTOR KONTRASEPSI HORMONAL TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)

Mail Lilik Hanifah(1*)


(1) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Upaya deteksi dini kanker payudara adalah upaya untuk mendeteksi atau mengidentifikasi secara dini adanya kanker payudara, upaya ini sangat penting sebab apabila kanker payudara dapat dideteksi pada stadium dini dan diobati dengan tepat maka tingkat kesembuhannya cukup tinggi (80 – 90%). Keterlambatan deteksi dini kanker payudara dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang SADARI. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang (over behavior). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan dengan pengetahuan akseptor kontrasepsi hormonal tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)
Metode Penelitian ini mengguanakan penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah semua akseptor kontrasepsi hormonal di BPM Tugi Rahayu Surakarta pada Minggu I – II Bulan Mei 2016 dengan jumlah 50 responden, teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling dimana saat penelitian dijumpai responden sebanyak 35 responden. Data diambil menggunakan data primer dan data sekunder. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Analisa data univariat dan bivariat dengan menggunakan korelasi Kendall Tau.
Hasil penelitian ini adalah mayoritas pendidikan akseptor kontrasepsi hormonal adalah Pendidikan Menengah sebanyak 16 responden (45,7%) dan pengetahuan akseptor kontrasepsi hormonal tentang SADARI dalam kategori baik yaitu 21 responden (60%). Hasil uji statistik dengan menggunakan Kendall Tau dapat diketahui sig 0,000 < 0,05 dan z hitung 6,33 > z tabel (1,96) berarti terdapat hubungan pendidikan dengan pengetahuan ibu akseptor kontrasepsi hormonal tentang SADARI. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan pendidikan dengan pengetahuan akseptor kontrasepsi hormonal tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

Kata Kunci: Pendidikan, Pengetahuan, SADARI



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v7i2.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan Indonesia