PENGARUH PEMBERIAN JUS MELON TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL YANG MENGKONSUMSI TABLET FE

Mail Eni Rumiyati(1*)
Mail Anies Anies(2)
Mail Apoina Kartini(3)


(1) , 
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Pencegahan anemia selama kehamilan dilakukan dengan pemberian tablet Fe selama 90 hari. Konsumsi vitamin C yang cukup diperlukan untuk membantu penyerapan Fe. Melon (CucumisMelo L) merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin A yang dapat membantu proses penyerapan zat besi. Penelitian ini membuktikan pengaruh pemberian jus melon terhadap perubahan kadar hemoglobin ibu hamil yang mengkonsumsi tablet Fe.
Metode : Penelitian ini menggunakan metodequasy experiment dengan rancangan non randomized pretest and posttest with control group design, Pengukuran hemoglobin menggunakan alat mutiple quick check. Penelitian dilakukan pada 60 responden yang terbagi menjadi 4 kelompok (kontrol, pemberian jus melon 200 gr, pemberian jus melon 150 gr dan pemberian ju melon 100 gr). Analisis data dengan t-test dependent dan Anova.
Hasil : Ada perubahan kadar hemoglobin pada kelompok perlakuan pemberian jus melon 100 gr dengan nilai p-value 0,004 dan pemberian jus melon 200 gr dengan nilai p-value0,000, semetara untuk pemberian jus melon 150 gr tidak terdapat perubahan yang signifikan terhadap kadar hemoglobin pada ibu hamil. Terdapat perbedaan kadar hemoglobin pada perlakuan jus melon 200 gr dengan kontrol denganp = 0,001 dan terdapat perbedaan kadar hemoglobin perlakuan jus melon 200 gr dengan jus 100 gr denganp = 0,017 dengan IK 95%.
Simpulan: Ada pengaruh pemberian jus melon terhadap kadar hemoglobin pada ibu hamil yang mengkonsumsi tablet Fe.



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v10i2.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery