ANALISIS FAKTOR BERAT BADAN BAYI BARU LAHIR BERDASARKAN KENAIKAN BERAT BADAN IBU SELAMA KEHAMILAN

Mail Danik Riawati(1*)
Mail Sri Suparti(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bayi baru lahir merupakan bayi yang lahir satu jam pertama kelahiran. Berat badan bayi lahir dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dari ibu yaitu apabila berat badan ibu rendah sebelum konsepsi maka ada resiko melahirkan bayi dengan berat bayi lahir rendah. hal ini terjadi karena selama kehamilan ibu hamil tidak mengalami peningkatan berat badan, sehingga menyebabkan pertumbuhanjanin terhambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor berat badan bayi baru lahir dengan kenaikan berat badan ibu selama kehamilan.
Metode penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan retrospektif. Populasi yang digunakan adalah semua bayi yang dilahirkan ibu di BPM Sri S Musuk Boyolali pada pulan Agustus 2017- Januari 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple rundom sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder. Analisa data menggunakan uji korelasi pearson dengan tingkat kepercayaan α=0,05.
Hasil penelitian didapatkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,685 dengan signifikansi 0,000. Nilai signifikansi <0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Simpulan terdapat hubungan yang signifikan antara berat badan bayi baru lahir dengan kenaikan berat badan ibu selama kehamilan dan hubungan kedua variabel kuat.
Kata kunci: Berat badan bayi baru lahir, Kenaikan berat badan ibu selama kehamilan



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v9i2.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery