KEPATUHAN BIDAN PADA ASUHAN PERSALINAN NORMAL DI RSUD WONOSARI, GUNUNGKIDUL

Mail Henik Istikhomah(1*)
Mail Prima Rahmawati(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Empat dari delapan kematian ibu di Gunung Kidul disebabkan oleh perdaraahan. Asuhan persalinan normal merupakan asuhan yang bersih dan aman selama pesalinan dan setelah bayi lahir. Selain itu asuhan persalinan normal dapat mencegah terjadinya komplikasi saat persalinan dan setelah persalinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bidan di RSUD Wonosari, mengetahui kepatuhan bidan pada setiap indikator yang ada di asuhan persalinan normal, dan mengetahui kepatuhan bidan berdasarkan karakteristik.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik sample purposive sample. Populasi adalah bidan di RSUD Wonosari sebanyak 25 bidan. Sample adalah bidan di ruang bersalin RSUD Wonosari sebanyaak 13 bidan.
Hasil penelitian yaitu berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan bidan mematuhi delapan indikator dalam asuhan persalinan normal. Kepatuhan bidaan pada inikatpr pertama (100%), indikator kedua (95,38), indikator keempat (88,46), indikator keenam (100%),indikaor kedelapan (100%),dan indikator kedelapan (100%) . dan empat dari sepuluh indikator tidak dipatuhi oleh bidan. Disarankan pada seluruh bidan untuk melakukan asuhan persalinan normal sehingga dapat menciptakan persalinan yang aman dan bersih sehingga dapat terhindar kematian ibu.

Kata kunci: Kepatuhan, Asuhan Persalinan normal, Bidan di RSUD Wonosari.



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v8i1.168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery