KELUARGA SEHAT BERDASARKAN PENDEKATAN KELUARGA DI RW 03 KALURAHAN MOJOSONGO SURAKARTA TAHUN 2016

Mail Ani Nur Fauziah(1*)


(1) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemerintah pusat dan pemerintah daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, untuk mendukung keluarga agar dapat melaksanakan fungsinya secara optimal. Derajat kesehatan rumah tangga atau keluarga menentukan derajat kesehatan masyarakatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keluarga sehat di RW 03 Kalurahan Mojosongo Surakarta berdasarkan pendekatan keluarga dengan menggunakan 12 Indikator keluarga sehat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif pendekatan cross sectional Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga di RW 3 Kalurahan Mojosongo Surakarta, sedangkan tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sejumlah 317 Keluarga yaitu keluarga yang memiliki bayi , balita maupun ibu hamil. Analisis dari penelitian terdiri yaitu deskriptif dan dengan menyajikan data melalui tabel data distribusi frekuensi.
Hasil Keluarga mengikuti program KeluargaBerencana (KB) ada 73%, ibu melakukan persalinan di fasilitas tenaga kesehatan ada 92 % ,bayi mendapat imunisasi dasar lengkap ada 100%, bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif ada 88 %, Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan ada 88%, penderita tuberkulosis paru ada 1 orang dan mendapatkan pengobatan sesuai standar, penderita hipertensi ada 22 orang melakukan pengobatan secara teratur ada 22 orang, anggota keluarga tidak ada yang merokok ada 47 %, keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ada 87 %.Keluarga mempunyai akses sarana air bersih 94 % dan keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat ada 90 % Ada 2 keluarga akses dalam pelayanan kesehatan jiwa karena ada 2 orang penderita sakit jiwa yang sudah memanfaatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit jiwa. Simpulan yang indikator terendah adalah anggota keluarga yang tidak merokok ada 47 % dan yang tertinggi adalah bayi yang mendapat imunisasi lengkap 100%.

Kata Kunci : Keluarga Sehat, Pendekatan Keluarga



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v8i1.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery