Pengembangan phantom maternity development (mandeh) sebagai media edukasi dalam praktikum antenatal care

Mail Nur Fadjri Nilakesuma(1*)
Mail Dewi Susilawati(2)
Mail Fery Mushariyadi(3)


(1) Midwifery Study Program, Undergraduate Program and Midwifery Professional Program, Universitas of Mercubaktijaya, Indonesia
(2) Midwifery Study Program, Undergraduate Program and Midwifery Professional Program, Universitas of Mercubaktijaya, Indonesia
(3) Health Informatics Study Program, University of Mercubaktijaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Kegiatan laboratorium bertujuan untuk meningkatkan sikap, keterampilan, dan kreativitas mahasiswa dalam bidang pendidikan tenaga kesehatan. Namun, ketidakcukupan jumlah phantom yang mahal ini mengakibatkan siswa harus saling bergiliran memakainya. Tujuan: Penelitian ini menyusun dan menguji Phantom Mandeh melalui pengukuran tinggi fundus, pemeriksaan Leopold, serta kemampuan mendengarkan detak jantung janin. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) dengan lima tahap yang berasal dari modifikasi desain yang diciptakan oleh Borg dan Gall. Lima tahap yang diterapkan terdiri dari Tahap I (studi literatur), Tahap II (proses pengembangan produk), Tahap III (validasi oleh ahli), Tahap IV (revisi produk dan hasil akhir), serta Tahap V (uji produk). Hasil: Penelitian menunjukkan rata-rata 4 untuk konteks relevansi phantom dengan tujuan praktikum, 3,87 untuk desain phantom yang menarik, kemudahan penggunaan phantom memperoleh rata-rata 4, sedangkan nilai rata-rata untuk teknik pemeriksaan palpasi dan auskultasi masing-masing adalah 3,9 dan rata-rata untuk ukuran phantom 3,7. Kesimpulan: Phantom MANDEH telah dirancang sebagai alat pembelajaran untuk mengukur ketinggian fundus, melakukan pemeriksaan Leopold, dan mengecek denyut jantung janin. Berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan oleh para ahli dan mahasiswa, diperoleh phantom yang relevan dengan pembelajaran dan cocok untuk digunakan dalam praktikum antenatal care di laboratorium.

Full Text:

PDF

References


AIPKIND. (2018). Panduan Kurikulum Pendidikan Profesi Bidan (Sarjana Akademik dan Profesi) edisi 1. AIPKIND.

Fadilah, A., Aprilina, H. D., & Setiawati, T. (2022a). Pengembangan Phantom Antenatal Care Sebagai Media Edukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemeriksaan Kehamilan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 18(2), 108. https://doi.org/10.26753/jikk.v18i2.971

Fadilah, A., Aprilina, H. D., & Setiawati, T. (2022b). Pengembangan Phantom Antenatal Care Sebagai Media Edukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemeriksaan Kehamilan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 18(2), 108. https://doi.org/10.26753/jikk.v18i2.971

Fadjri Nilakesuma, N., & Dewi Susilawati, K. (2022). The Relationship Of Learning Motivation With Student Satisfaction With The Learning Process Of Laboratory Practices In The Covid-19 Pandemic Era Midwifery Undergraduate Study Program, STIKes Mercubaktijaya Padang. JURNAL MIDPRO, 14(01), 1–6. http:http://jurnalkesehatan.unisla.ac.id/index.php/midpro

Fitri, A., Mulia, P., & Febriyanti, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Phantom Injeksi Modifikasi Di Laboratorium Keperawatan. Jurnal Kesehatan.

Fitri, A., Mulia, P., Febriyanti, E., Fakultas Keperawatan Universitas Riau, D., Ahli Pertama Fakultas Keperawatan, P., Riau Jalan Pattimura No, U., & Pekanbaru Riau, G. G. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Phantom Injeksi Modifikasi Di Laboratorium Keperawatan.

Helgesen, A. K., Gregersen, A. G., & Roos, A. K. O. (2016). Nurse students’ experiences with clinical placement in outpatient unit - a qualitative study. BMC Nursing, 15(1). https://doi.org/10.1186/s12912-016-0167-1

Kartikasari, D., Sari, C. A., & Budi, N. K. (2023). Pembuatan Maternity Jacket Sederhana Sebagai Alat Peraga Praktikum Pemeriksaan Tinggi Fundus Uteri Dengan Metode Leopold. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 7(2), 155–164. https://doi.org/10.36341/jomis.v7i2.3370

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Pub. L. No. Nomor HK.01.07/MENKES/320/2020 (2020).

Kodiyah, N., Marhaeni, D., Herawati, D., Lestari, B. W., Husin, F., Setiawati, E. P., & Wirakusumah, F. F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Asuhan Persalinan. IJEMC, 2(3).

Mardliyana, N. E., Puspita, I. M., & Ainiyah, N. H. (2022). Efektivitas Emas (Economic Maternity Simulator) Terhadap Peningkatan Skill Pemeriksaan Kehamilan Mahasiswa Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 6(1), 38–46. https://doi.org/10.36341/jomis.v6i1.2026

Maya Puspita, I., Hidayatul Ainiyah Program Studi, N. S., dan Profesi Bidan, K., Ilmu Kesehatan, F., Muhammadiyah Surabaya Jl Raya Sutorejo No, U., Sutorejo, D., Mulyorejo, K., & -Indonesia, S. (2022). Efektivitas Emas (Economic Maternity Simulator) Terhadap Peningkatan Skill Pemeriksaan Kehamilan Mahasiswa Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Journal of Midwifery Science) P-ISSN, 6(1), 2549–2543. https://doi.org/10.36341/jomis.v6i2.2026

O’Connor, S., Kennedy, S., Wang, Y., Ali, A., Cooke, S., & Booth, R. G. (2022). Theories informing technology enhanced learning in nursing and midwifery education: A systematic review and typological classification. Nurse Education Today, 118. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2022.105518

Patmawati, & Hidayati, F. (2020). Pemanfaatan Sampah Bahan Habis Pakai Non-Medis Laboratorium Ketrampilan Klinik (SKILLS LAB) Sebagai Modifikasi Alat Peraga Sederhana Skill Mandiri. In Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan (Vol. 2, Issue 2).

Rijanto, & Pipitcahyani, T. I. (2021). Practical Laboratory Learning Model with Simple Phantoms About Changing Behavior in ANC and INC Practices for Midwifery Students. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 15(3), 4062–4067. https://doi.org/10.37506/ijfmt.v15i3.15930

Rukiyah, A. Y., Wasliman, I., & Sauri, S. (2021). Education Quality Management of Midwife Clinical Laboratory in Improving Graduates’ Competence. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.3

Rusdiana Sari, F., & Himalaya, D. (2023). Rancang Bangun Manekin Boneka Pemasangan Infus Sebagai Pengganti Phantom Silikon The Design Of Mannequin Infusion Instalation As A Subtitute For Silicone Phantom. Journal of Nursing and Public Health, 11(1).

Sajadi, K., Crosby, L., Yu, M., Longenbach, J., Welch, K. C., & Cooper, M. (2022). Comparison of Commercial Versus Homemade Models for Teaching Ultrasound-Guided Peripheral I.V. Placement. Journal of Emergency Medicine, 62(4), 500–507. https://doi.org/10.1016/j.jemermed.2022.01.003

Sokon Saragih, H., dan Haidir Lubis, Ma., & Pd, M. (2018). Efektifitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Yang MenariK. Jurnal Pendidikan Islam, 7.




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v16i2.1466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.