Pengaruh media edukasi audiovisual terhadap perilaku ibu dalam menghitung gerakan janin

Mail Marsya Alfiya Fauzani(1*)
Mail Ida Widiawati(2)
Mail Yulia Ulfah Fatimah(3)
Mail Atin Karjatin(4)


(1) , Indonesia
(2) Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Kebidanan Bandung Jl. Makmur No.23, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161, Indonesia
(3) Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Kebidanan Bandung Jl. Makmur No.23, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161, Indonesia
(4) Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Promosi Kesehatan Jl. Babakan Loa, Pasirkaliki, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40514, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Penurunan gerakan janin dapat menjadi indikasi dari kematian janin. Menurut data dari Kemenkes RI tahun 2019 ditemukan kasus IUFD di Indonesia terjadi sekitar 29,5%. Memberikan edukasi mengenai cara menghitung gerakan janin akan membantu ibu dalam deteksi dini kematian janin. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media edukasi audiovisual terhadap perilaku ibu dalam menghitung gerakan janin. Metode: Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan post-test only control design dan menggunakan teknik consecutive sampling pada 30 responden ibu hamil dengan usia kehamilan 28-37 minggu. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney. Hasil: Rata-rata perilaku menghitung gerakan janin pada kelompok intervensi sebesar 12,10, sementara rata-rata perilaku menghitung gerakan janin pada kelompok kontrol sebesar 11,20. Hasil uji mann whitney diperoleh nilai p value 0,002 < 0,05 artinya terdapat pengaruh media edukasi audiovisual terhadap perilaku ibu dalam menghitung gerakan janin di Puskesmas Tanjungsari dan Puskesmas Margajaya. Kesimpulan: Media edukasi audiovisual berpengaruh terhadap perilaku ibu dalam menghitung gerakan janin di Puskesmas Tanjungsari dan Puskesmas Margajaya.

References


Andarwulan, S. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Hamil Terhadap Frekuensi Pemeriksaan Kehamilan Bpm G. N. Maya D. Tambak Sawah. Embrio, 11(2), 87–93. https://doi.org/10.36456/Embrio.V11I2.2040

Ayu Agung Budhi, N. G. M., & Nurhayati, T. (2020). Effectiveness of Guidance for Pregnant Women About Early Detection of Danger Signs in Pregnancy Using Leaflet and Audiovisual Media. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v12i1.886

Bekiou, A., & Gourounti, K. (2020). Reduced Fetal Movements and Perinatal Mortality. Materia Socio-Medica, 32(3), 227–234. https://doi.org/10.5455/msm.2020.32.227-234

Berndl, A. M. L., O’Connell, C. M., & McLeod, N. L. (2013). Fetal movement monitoring: how are we doing as educators? Journal of Obstetrics and Gynaecology Canada : JOGC = Journal d’obstetrique et Gynecologie Du Canada : JOGC, 35(1), 22–28. https://doi.org/10.1016/s1701-2163(15)31044-6

BKKBN. (2013). Kurikulum Diklat Teknis Pengelolaan PIK Remaja/Mahasiswa Bagi Pengelola, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya PIK Remaja/Mahasiswa.

Delaram, M. (2016). The Effects of Fetal Movement Counting on Pregnancy Outcomes. Journal Of Clinical And Diagnostic Research. https://doi.org/10.7860/JCDR/2016/16808.7296

Fadillah, Y. N., Sri, M., Insanuddin, I., & Suprianto, I. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa. Universitas Stuttgart, 2(1), 314–319.

Harnindita, I. D., & Sarwinanti. (2015). Hubungan Usia, Pendidikan, dan Paritas dengan Sikap Ibu Hamil dalam Mengenal Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan di Puskesmas Piyungan Bantul Tahun 2015. STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Hayati, U. F., Fevriasanty, F. I., & Choiriyah, M. (2018). The Effect Of Health Education With Audiovisual Media To Ward External Genital Hygiene Behaviors To Pregnant Women In Primary Health Care Of Malang Working Area. Journal of Nursing Science Update (JNSU), 6(1), 124–135. https://doi.org/10.21776/UB.JIK.2018.006.01.12

Inayah, N., & Fitriahadi, E. (2019). Hubungan Pendidikan, Pekerjaan dan Dukungan Suami Terhadap Keteraturan Kunjungan ANC pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Health of Studies, 3(1).

Istiqomah, G. A., Saputri, R., & Dona, S. (2021). Pengaruh Edukasi Terhadap Perilaku Penggunaan Obat Tradisional Di Desa Babai Kecamatan Karau Kuala Di Masa Pandemi COVID 19. Journal of Pharmaceutical Care and Sciences, 2(1).

Kemenkes RI. (2019). Laporan Kinerja Kesehatan Masyarakat.

Koshida, S., Ono, T., Tsuji, S., Murakami, T., Arima, H., & Takahashi, K. (2019). Fetal movement frequency and the effect of associated perinatal factors: Multicenter study. Women and Birth : Journal of the Australian College of Midwives, 32(2), 127–130. https://doi.org/10.1016/j.wombi.2018.06.010

Kurniawati, K., & Sari, T. H. (2021). Pengaruh Edukasi Nutrisi dengan Audiovisual terhadap Perilaku Pemberian MP-ASI Oleh Ibu dan Pertumbuhan Anak Usia 6-24 Bulan: Systematic Literatur Review. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 804. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1567

Langapa, D., Kumaat, L. T., Program, M., Keperawatan, S. I., & Kedokteran, F. (2015). Hubungan Karakteristik Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Kedaruratan Obstetri Di Rumah Sakit Robert Wolter Mongisidi Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), 112248. https://www.neliti.com/id/publications/112248/

Lou, C., Cheng, Y., Gao, E., Zuo, X., Emerson, M. R., & Zabin, L. S. (2012). Media’s Contribution to Sexual Knowledge, Attitudes, and Behaviors for Adolescents and Young Adults in Three Asian Cities. Journal of Adolescent Health, 50(3), S26–S36. https://doi.org/10.1016/J.JADOHEALTH.2011.12.009

Malm, M.-C., Rådestad, I., Rubertsson, C., Hildingsson, I., & Lindgren, H. (2014). Women’s experiences of two different self-assessment methods for monitoring fetal movements in full-term pregnancy--a crossover trial. BMC Pregnancy and Childbirth, 14, 349. https://doi.org/10.1186/1471-2393-14-349

Mangesi, L., Hofmeyr, G. J., Smith, V., & Smyth, R. M. D. (2015). Fetal movement counting for assessment of fetal wellbeing. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2015(10). https://doi.org/10.1002/14651858.CD004909.PUB3/MEDIA/CDSR/CD004909/IMAGE_N/NCD004909-CMP-003-07.PNG

Mansyah, B., & Rahmawati, F. (2021). The Effectiveness of Audio-Visual Health Education Media on Diet on The Level of Knowledge and Attitude of Adolescent in the Prevention of Type 2 Diabetes Mellitus. Media Keperawatan Indonesia, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.26714/MKI.4.1.2021.1-8

McArdle, A., Flenady, V., Toohill, J., Gamble, J., & Creedy, D. (2015). How pregnant women learn about foetal movements: sources and preferences for information. Women and Birth : Journal of the Australian College of Midwives, 28(1), 54–59. https://doi.org/10.1016/j.wombi.2014.10.002

Nadhifah, T. H. (2021). Hubungan antara Frekuensi Antenatal Care dengan Kejadian Intrauterine Fetal Death di RSUD Dr. Moewardi dan RS UNS. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/85151/Hubungan-antara-Frekuensi-Antenatal-Care-dengan-Kejadian-Intrauterine-Fetal-Death-di-RSUD-Dr-Moewardi-dan-RS-UNS

Puspitasari, R. (2017). Difusi Inovasi E – Paper Solopos. UMS Library. http://eprints.ums.ac.id/56908/1/insyaallah fix perpus.pdf

Saastad, E., Winje, B. A., Stray Pedersen, B., & Frøen, J. F. (2011). Fetal movement counting improved identification of fetal growth restriction and perinatal outcomes--a multi-centre, randomized, controlled trial. PloS One, 6(12), e28482. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0028482

Samutri, E., & Endriyani, L. (2021). Education of fetal movement counting: an effort to increase knowledge and compliance of pregnant women to do self-assessment of fetal wellbeing. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 9(1), 68. https://doi.org/10.21927/jnki.2021.9(1).68-75

Sari, K. I. ., & Efendy, H. . (2017). Analisis Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kunjungan Antenatal Care. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 9(1).

Sari, S. P., Mardiani, & Asmawati. (2020). Pengaruh pendampingan deteksi gerak janin terhadap partisipasi ibu dalam self assesment gerak janin. Jurnal Penelitian Terapan Kesehatan, 7(2), 103–208.

Sedana, G. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Berdasarkan pada Kategori Adopter. DwijenAGRO, 3(1).

Sharma, S., Sidhu, H., & Kaur, S. (2016). Analytical study of intrauterine fetal death cases and associated maternal conditions. International Journal of Applied & Basic Medical Research, 6(1), 11–13. https://doi.org/10.4103/2229-516X.173986

Smith, V., Begley, C., & Devane, D. (2014). Detection and management of decreased fetal movements in Ireland: A national survey of midwives’ and obstetricians’ practices. Midwifery, 30(1), 43–49. https://doi.org/10.1016/j.midw.2013.02.006

Sterpu, I., Pilo, C., Koistinen, I. S., Lindqvist, P. G., Gemzell-Danielsson, K., & Itzel, E. W. (2020). Risk factors for poor neonatal outcome in pregnancies with decreased fetal movements. https://doi.org/10.1111/aogs.13827

Triyuliandari, N., Adila, D. R., & Putri, D. K. (2023). Hubungan Peran Tenaga Kesehatan dengan Self Assessment Pemantauan Gerak Janin Pada Ibu Hamil. HealthCare Nursing Journal, 5(1), 601–609. https://doi.org/10.35568/HEALTHCARE.V5I1.2860

Ulfayana. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Berdasarkan Teori Belajar Edgar Dale Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih Di Mts Negeri 2 Bulukumba. UIN Alauddin Makassar.

Utami, P. D., Mulyanti, S., Insanuddin, I., & Supriyanto, I. (2021). Efektivitas Media Flip Chart Dan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Karies Gigi. Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal), 2(2), 679.

Varney, H., King, T. L., Brucker, M. C., Fahey, J., Kriebs, J. M., & Gegor, C. L. (2019). Varney’s midwifery.

WHO. (2016a). WHO recommendations on antenatal care for a positive pregnancy experience. In World Health Organization. World Health Organzation.

WHO. (2016b). WHO Recommendations On Antenatal Care For A Positive Pregnancy Experience. World Health Organzation.

Wilayah, D., Aurduri, P., Ruwayda, K. J., & Dody Izhar, M. (2021). Faktor Reinforcing yang Berhubungan dengan Perilaku Remaja Ke Posyandu Remaja Kelurahan Penyengat Rendah Di Wilayah Puskesmas Aurduri Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 643–651. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1520

Windari, E. N., Dewi, A. K., & Siswanto, S. (2017). Pengaruh Dukungan Tenaga Kesehatan terhadap Pemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Sisir Kelurahan Sisir Kota Batu. Journal of Issues in Midwifery, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.21776/UB.JOIM.2017.001.02.3

Yusmarwati. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerita Anak Di Kelas V Sd Negeri 018 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2(3).




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v16i1.1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.