HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PENGETAHUAN IBU BAYI BALITA TENTANG DIARE PADA BAYI BALITA DI POSYANDU MANDIRI TAWANGSARI MOJOSONGO JEBRES SURAKARTA TAHUN 2015

Mail Florenza Nindiatama(1*)
Mail Anita Dewi Lieskusumastuti(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PENGETAHUAN IBU BAYI BALITA TENTANG DIARE PADA BAYI BALITA DI POSYANDU MANDIRI TAWANGSARI MOJOSONGO JEBRES SURAKARTA TAHUN 2015. Diare adalah penyakit yang ditandai dengan bertambahnya frekuensi defekasi lebih dari biasanya (> 3 kali per hari) disertai perubahan konsistensi tinja (menjadi cair, dengan atau tanpa darah dan atau lendir. Sedangkan bayi dikatakan diare bila sudah lebih dari 3 kali buang air besar, sedangkan neonatus dikatakan diare bila sudah lebih dari 4 kali buang air besar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan dengan pengetahuan ibu bayi balita tentang diare pada bayi balita.
Metode Penelitian ini mengguanakan penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu bayi balita yang berpendidikan formal di Posyandu Mandiri Tawangsari Mojosongo Jebres Surakarta dengan jumlah 115 responden, teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling dimana saat penelitian dijumpai responden sebanyak 34 responden. Data diambil menggunakan data primer dan data sekunder. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Analisa data univariat dan bivariat dengan menggunakan korelasi Kendall Tau.
Hasil penelitian ini adalah mayoritas pendidikan ibu bayi balita adalah Pendidikan Menengah sebanyak 16 responden (47%) dan pengetahuan ibu bayi balita tentang diare pada bayi balita berada dalam kategori baik dengan hasil 20 responden (58,8%). Hasil uji statistik dengan menggunakan Kendall Taudapat diketahui z hitung 6,37 > z tabel (1,96) berarti terdapat hubungan pendidikan dengan pengetahuan ibu bayi balita tentang diare pada bayi balita. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan pendidikan dengan pengetahuan ibu bayi balita tentang diare pada bayi balita di Posyandu Mandiri Tawangsari Mojosongo Jebres Surakarta Tahun 2015.
Kata Kunci: Pendidikan, Pengetahuan, Diare



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v6i2.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Indonesia