PERILAKU IBU TENTANG TOILET TRAINING PADA ANAK USIA 1–3 TAHUN DI DESA KAJORAN KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN

Mail Henik Istikhomah(1*)
Mail Agus Kirwanto(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Di Indonesia diperkirakan jumlah balita mencapai 30% dari 259 juta jiwa penduduk Indonesia tahun 2011. Menurut Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) nasional tahun 2012, diperkirakan jumlah balita yang susah mengontrol BAB dan BAK (mengompol) sampai usia prasekolah mencapai 75 juta anak.
Tujuan : Untuk mengetahui perilaku ibu tentang toilet training, untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang toilet training,untuk mengetahui sikap ibu tentang toilet training, untuk mengetahui praktik ibu tentang toilet training, untuk mengetahui karakteristik ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun.
Metode Penelitian : Menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrument yang digunakan berupa kuesioner dan mengambil subjek ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun sebanyak 49 responden.
Hasil Penelitian : Perilaku ibu tentang toilet training pada anak usia 1-3 tahun di Desa Kajoran, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten dari total responden sebanyak 49 ibu yang memiliki anak usia 1-3, 35 orang (71,4%) diantaranya memiliki perilaku yang baik, 10 orang (20,4%) diantaranya berperilaku cukup dan 4 orang (8,16%) diantaranya berperilaku kurang.
Kesimpulan : Perilaku ibu tentang toilet training pada anak usia 1-3 tahun di Desa Kajoran, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten dalam kategori baik.

Kata Kunci : Perilaku, Toilet Training



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v6i2.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Indonesia