HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN ZAT BESI PADA SISWI SMKN 4 YOGYAKARTA

Mail Elsiana Raga Ngatu(1*)
Mail Lusa Rochmawati(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Kekurangan zat besi pada anemia merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia yang cukup menonjol bagi anak-anak siswa terutama bagi remaja. Salah satu faktor utama dari kasus anemia adalah kurang konsumsi zat besi.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang anemia terhadap remaja dan pemenuhan zat besi bagi siswa perempuan SMKN 4 Yogyakarta 2014,

Metode: Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 519 siswa perempuan, sampel berjumlah 84 siswa dengan metode cluster random sampling. Instrumen penelitiannya adalah kuesioner, metode analisis data menggunakan uji Kendall Tau.

Hasil: Pengetahuan siswa SMKN 4 Yogyakarta 2014 tentang anemia pada remaja paling banyak berada pada kategori baik (73,8%) dan pemenuhan zat besi dalam kategori cukup (45,2%). Ada hubungan antara pengetahuan tentang anemia pada remaja dan pemenuhan zat besi bagi siswa perempuan SMKN 4 Yogyakarta dengan korelasi Kendall Tau () sebesar 0,278 dan p value 0,007.

Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan tentang anemia pada remaja dan pemenuhan zat besi bagi siswa perempuan SMKN 4 Yogyakarta.

Kata Kunci: Anemia, Besi, Remaja.



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v6i1.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Indonesia